Setting Port Forwarding/NAT di Router

Sebagian kecil mitra pengguna kami sering meminta untuk dibuatkan setting Port Forwarding atau NAT (Network Address Translation) di routernya. Setting ini sebetulnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh staf Anda yang mengerti jaringan komputer atau teknisi penjualnya. Kami kesulitan untuk memberi petunjuk karena ada RATUSAN merek router dan model yang tidak mungkin kami hapal satu persatu.

Perlu diketahui pula bahwa support untuk semua produk hardware dan software yang Anda beli dari vendor lain adalah tanggung jawab vendor tersebut.

Hubungi Distributor atau Penjual Router

Cara yang paling tepat adalah meminta bantuan support dari penjual atau vendor router tersebut. Hubungi penjual router atau googling untuk mencari website pabrik pembuatnya. Kalau dilimpahkan kepada kami, jelas itu salah tempat.

Mulai sekarang tanyalah ke pihak yang tepat. Simpan nomor telepon support dari vendor atau penjualnya.

Tutorial & Knowledge Base

Pada saat Google dan Yahoo! belum ada, kita harus belajar di perpustakaan, di laboratorium untuk mendapatkan bahan yang kita cari. Proses tersebut sangat menyita waktu dan effort. Anda beruntung hidup di jaman akses internet demikian luas. Sehingga Anda bisa BELAJAR, mendapatkan PENGETAHUAN yang dibutuhkan di internet untuk membuat port forwarding untuk dikerjakan secara MANDIRI. Caranya cukup Googling saja, dan Anda bisa mendapatkan link berikut:

  1. PortForward.com
  2. What Is ‘Port Forwarding’? How Do I Set My Own Port Forwards?
  3. How To Forward Ports on Your Router
  4. Simple Port Forwarding
  5. Port Forwarding

Silakan coba Googling sendiri

  1. Hasil bahasa inggris:  https://www.google.co.id/search?q=port+forwarding
  2. Hasil bahasa Indonesia: https://www.google.co.id/search?q=cara+melakukan+port+forwarding

Video Tutorial

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.