Menjalankan Voucha Device di Cluster Lain

Tentang Hard Cluster

Kebijakan Hard Cluster mengharuskan kita memproses transaksi agen oleh chip yang posisinya sesuai cluster. Sistem ini membutuhkan aplikasi device dipasang atau dijalankan di beberapa cluster.

Sejak Voucha versi 2 yang dibuat bulan Mei tahun 2006, aplikasi device Voucha dapat dipasang di jaringan yang berbeda selama terkoneksi dengan internet. Ini bisa terwujud karena sejak awal Voucha dirancang dengan konsep distributed computing, di mana aplikasi dapat memproses beban (transaksi) secara simultan oleh komputer (node) yang berbeda, di lokasi yang berbeda, di jaringan yang berbeda.

Arsitektur sistem ini memungkinkan Anda memasang modem dan chip transaksi di luar kota atau di luar pulau untuk mengambil supply stok dari cluster atau dealer setempat. Kami bersyukur pada tahun 2007 regionalisasi Telkomsel mulai dijalankan dan sistem ini sudah mengantisipasi adanya kebutuhan tersebut.

Cara Menjalankan Voucha Device di Cluster Lain

Forward Port TCP 7201 & 7202 di Router

Aplikasi Voucha4 Device berkomunikasi dengan aplikasi Voucha4 Server melalui port TCP 7201 & 7202. Oleh sebab itu silakan lakukan Port Forwarding atau NAT di router untuk diteruskan ke IP lokal server.

Install Voucha4 Device di Komputer Device

Download Voucha4 Device versi terbaru. Install di komputer device yang berada di cluster lain. Anda perlu menggunakan Voucha4 Device versi terbaru untuk menghindari bug yang belum diperbaiki di versi sebelumnya. Bug tersebut biasanya sudah diperbaiki di versi terbaru.

Setting Koneksi ke Server

Jalankan aplikasi device topup apa saja, misalnya Axis atau Dompet Pulsa. Klik menu Services->Options. Kemudian isi Connection Setting dengan IP Server, Username dan Password.

Menjalankan Voucha Device di Cluster Lain

Simpan setting dengan klik button OK.

Selesai

Selamat, aplikasi device Anda sudah bisa dijalankan dari komputer lain yang berbeda jaringan.

Problem Solving

Jika Anda menemukan kendala ketika menggunakan Voucha4 Device, silakan posting kendala yang Anda temukan di Forum Kami:
http://support.voucha.co.id/problemsolving/forum/voucha4/

Bug Report

Jika Anda menemukan bug pada software, fasilitas tiket kami selalu terbuka untuk menerima laporan bug Anda. Silakan pelajari cara melaporkan bug di sini. Bug Report – Melaporkan Bug ke bagian Developer.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.