Menghapus SMS menggunakan AT-Command

Dalam beberapa kasus, kita perlu menghapus sms secara manual karena aplikasi gagal melakukan hapus sms di simcard. Memindahkan simcard ke handphone cukup mudah tapi tidak begitu praktis. Alternatif lainnya adalah menghapus manual langsung di modem tanpa memindahkan simcard ke handphone. Caranya, dengan berkomunikasi langsung ke modem, dengan AT Command, melalui port serialnya.

Apa itu AT Command?

AT Command adalah perintah yang digunakan untuk berkomunikasi dengan modem. Perintah ini seperti perintah prompt pada MS-DOS atau shell pada Unix/Linux. Perintah ini biasanya dikirim dari komputer (console) ke modem (terminal) melalui port serial COM1, COM2, COM3, dan seterusnya.

Setiap merek modem punya AT Command yang berbeda-beda. Dalam artikel ini kita menggunakan AT Command standard pada modem Wavecom.

Cara Menghapus SMS menggunakan AT-Command

Untuk Menghapus SMS menggunakan AT Command, gunakan software PuTTY. Kami anggap Anda sudah familiar dengan software PuTTY dan familiar dengan Port Serial. Buka koneksi ke port serial modem yang dituju dengan baudrate 115200.

PuTTY Configuration

Test AT+Command
AT

Jika modem merespon dengan teks ‘OK’, maka konfigurasi port serial dan baudrate sudah benar. Jika tidak ada reply apapun, periksa apakah modem Anda sudah dinyalakan dan port serial yang Anda tuju sudah benar.

Set Message Format ke Text Mode
AT+CMGF=1
Set Message Storage ke SIM
AT+CPMS="SM"
List semua SMS, tampilkan dalam format Text
AT+CMGL="ALL"

Catat index sms yang akan dihapus.

Hapus SMS dengan Index=n
AT+CMGD=<index>

Contoh: Jika index sms yang akan dihapus adalah 10, maka perintahnya adalah:

AT+CMGD=10

Selesai

Demikian Cara Menghapus SMS menggunakan AT Command Wavecom. Supaya lancar, perlu latihan berulang-ulang. Jika Anda belum lancar, perbanyak latihan dan belajar.

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply