Jalur Distribusi Pulsa

Sebelum Anda menjalankan bisnis pulsa, baik sebagai server pulsa maupun reseller, ada baiknya Anda memahami dulu Jalur Distribusi Pulsa yang berlaku di Indonesia. Jalur Distribusi ini ada di setiap operator dan hampir sama.

Ada 2 macam Jalur Distribusi yaitu:

  1. Traditional Channel, yaitu mereka yang bisnis utamanya memang mendistribusikan produk dari operator. Pihak yang termasuk dalam jalur ini adalah mitra AD (Authorized Dealer) dan Agen.
  2. Modern Channel: Non-Dealer seperti bank, convenience store, dan mereka yang bisnis utamanya bukan mendistribusikan produk dari operator.

Traditional Channel

Jalur tradisional adalah jalur yang paling besar dari segi jumlah agen, jumlah transaksi dan volume transaksinya. Jalur tradisional memegang 97% dari total seluruh transaksi pengisian pulsa (recharge).

Struktur dari jalur traditional yang umum sebagai berikut:

Principal

Principal adalah perusahaan yang memiliki produk dan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mendistribusikan produknya. Dalam hal ini, principal adalah operator itu sendiri.

Authorized Dealer (AD)

Mitra Authorized Dealer adalah mitra yang langsung berhubungan dengan operator. AD bertugas untuk mendistribusikan produk principal di wilayah tertentu dan dengan jumlah tertentu. AD melakukan deposit ke principal sebagai jaminan dari alokasi yang diberikan tiap minggunya. Besarnya alokasi per minggu ditentukan oleh principal berdasarkan market capacity dari wilayah tertentu.

AD mendistribusikan alokasi yang sudah diberikan kepada mitra Reseller atau Agen.

Reseller (RS)

Mitra Reseller (RS) mengambil alokasi recharge dan membayar sejumlah deposit melalui AD. Deposit ini tersimpan dalam sistem milik operator. Pada saat RS melakukan order (pembelian alokasi), AD mengirim perintah ke sistem milik operator dan operator memindahkan alokasi tersebut kepada RS.

Setelah RS mendapatkan alokasi dalam bentuk Saldo/Denom maupun Unit, maka RS dapat melakukan pengisian kepada konsumen.

Server Pulsa sebenarnya masuk dalam kategori Reseller (RS).

Incoming search terms:

Leave a Reply