Host-to-Host ke Server SIP

Voucha4 dapat mengirim transaksi Host-to-Host ke Server SIP (SIP) menggunakan Add-On (modul tambahan). Untuk menyamakan persepsi, sebelum Anda menggunakan cara ini berikut kami jelaskan kelebihan dan keunggulannya dulu.

Kelebihan

  1. Transaksi langsung terkirim ke server supplier. Tidak melalui server perantara seperti Yahoo Messenger, Jabber, dll. Jika ada problem pada proses pengiriman dan penerimaan result, dapat langsung diketahui letak masalahnya ada di mana.
  2. Transaksi diproses secara asynchronous, tidak perlu menunggu transaksi selesai diproses. Jika status=0, maka transaksi diterima. Selain itu gagal.
  3. Jika sudah diproses, result transaksi (berhasil atau gagal) langsung dikirim ke server Anda, tidak perlu cek web report untuk melihat status.
  4. Serial number terkirim melalui parameter query di HTTP GET, sehingga cukup akurat.

Kekurangan

  1. Butuh IP Publik yang Statik. Satu IP hanya bisa digunakan oleh 1 akun. Ini adalah syarat dari server SIP.
  2. Status transaksi ambigu. Walaupun status=0, namun sebetulnya bisa berarti sudah BERHASIL atau DIPROSES. Untuk menjaga kemudahan aplikasi/supaya tidak rumit, semua request yang dikirim dan mendapat status=0 dianggap sedang diproses. Hasil akhir tergantung result yang dikirim server SIP ke server Voucha4.
  3. Tidak ada enkripsi. Data transaksi melintas di internet menggunakan protokol HTTP, dan isi pesan yang dikirim telanjang (plain), tidak diacak.

Disclaimer

Mohon dipahami bahwa kelebihan dan kekurangan tersebut berasal dari karakteristik server SIP. Kami hanya membuatkan Add-on sesuai spesifikasi yang diberikan. Jika ada ekspektasi/keinginan yang melebihi spesifikasi yang diberikan, bisa jadi itu tidak dapat dipenuhi.

Kebutuhan Minimum

  1. Add-on Host-to-Host ke Server SIP. Modul ini dapat dipesan melalui halaman Add-on.
  2. Koneksi internet dengan IP Publik yang Statik. IP Statik ini diberikan oleh ISP (penyedia jasa internet) yang Anda gunakan. Silakan hubungi ISP langganan Anda.
  3. Port Forwarding untuk port 7900 di router/modem adsl.
  4. Akun untuk transaksi (username, password dan URL transaksi) di server supplier.
  5. Kemampuan menggunakan komputer yang baik.

Cara Kerja

I. Server Voucha4 mengirim Request

  1. Add-on mengirim transaksi ke server SIP melalui URL transaksi.
  2. Server SIP menjawab dengan respon ACK (acknowledge). Jika status=0 artinya transaksi sudah diterima dan akan diproses. Selain itu gagal.

II. Server SIP mengirim Result

  1. Server SIP mengirim result transaksi ke server Voucha4 melalui URL result.
  2. Server Voucha4 menjawab dengan respon ACK (acknowledge), artinya result sudah diterima dan segera diproses.
  3. Server Voucha4 mengirim reply ke agen.

Cara Setting

Cara setting Add-on Host-to-Host ke SIP sama seperti add-on lainnya. Cukup isi Nama Device, Username, Password dan URL Transaksi.

host-to-host-ke-server-sip

URL Result

URL Result atau alamat untuk pengiriman result dari server SIP ke Voucha4 yang harus Anda daftarkan ke supplier adalah:

http://ip-publik-anda:7900/sip

Contoh:

http://11.22.33.44:7900/sip

Dynamic DNS

Jika router/modem Anda menggunakan layanan Dynamic DNS, misalnya dari ddns.net, maka Anda dapat menggunakan hostname dari Dynamic DNS sehingga URL resultnya seperti ini:

http://hostname-anda.ddns.net:7900/sip

Cara menggunakan Dynamic DNS di luar pembahasan dalam artikel ini, silakan pelajari cara menggunakan Dynamic DNS.

Pastikan alamat tersebut dapat dibuka dari internet, bukan dari jaringan LAN atau lokal). Jika tidak bisa, maka Anda belum melakukan port forwarding di router. Silakan setting port forwarding di router.

Cara melakukan port forwarding tidak akan dibahas di artikel ini karena begitu banyaknya merek modem. Sehingga langkah dan istilah tidak sama persis satu sama lain. Silakan pelajari manual modem atau router Anda.

Troubleshooting

  1. Jika aplikasi sudah bekerja sesuai penjelasan di atas, namun transaksi tidak terproses sesuai harapan, maka hubungi supplier Anda.
  2. Jika aplikasi tidak bekerja sesuai penjelasan di atas, silakan hubungi kami di https://ask.voucha.co.id
  3. Jika Anda membutuhkan bantuan support premium, silakan buka tiket di client Area.

Penutup

Demikian penjelasan Host-to-Host ke Server SIP. Mohon dipelajari baik-baik, dicerna dulu. Jika ada istilah-istilah teknis yang belum dipahami, silakan cari referensinya dulu.

Semoga cukup jelas dan bermanfaat.

Leave a Reply