Gangguan Transaksi

Dalam kasus-kasus tertentu, Anda akan menemukan situasi adanya gangguan pada sistem transaksi. Sebaik-baiknya sistem yang diciptakan, pasti ada kalanya mengalami gangguan. Tidak ada satupun pihak yang menjamin bahwa sistem isi ulang operator selalu lancar, internet selalu lancar, listrik selalu menyala, dan manusia selalu teliti.

Hal yang paling penting bagi Anda adalah SELALU SIAP menghadapi gangguan tersebut. SIKAP yang paling baik dalam menhadapi gangguan sistem adalah:

  1. Tetap TENANG, tidak boleh panik.
  2. Periksa dulu, KETAHUI apa yang sedang terjadi.
  3. Cari AKAR MASALAH/PENYEBAB gangguan.
  4. Jika penyebabnya di sistem Anda, perbaiki. Jika penyebabnya di luar sistem Anda, hubungi pihak yang bertanggung jawab.

Jika gangguan transaksi terjadi dalam sistem transaksi ke operator atau ke pihak lainnya, maka prosedur yang harus dilakukan adalah:

  1. Stop transaksi di jalur tersebut atau device tersebut. Tujuannya adalah meminimalisir RESIKO KERUGIAN FINANSIAL akibat gangguan tersebut.
  2. Lakukan PEMERIKSAAN untuk jalur tersebut atau device tersebut. Tujuannya adalah memastikan status transaksi yang terganggu, apakah SUKSES atau GAGAL. Tanya ke Customer Service operator atau partner Anda.
  3. Jika status transaksi tersebut sudah jelas, periksa kembali apakah ada gangguan lain di sistem Anda. Tujuannya adalah membersihkan semua penyebab gangguan supaya transaksi selanjutnya berjalan dengan lancar.
  4. Jika sistem Anda sudah bersih, dan jalur ke operator atau sistem lain sudah bersih, silakan lanjutkan transaksi. Jika belum, tutup jalur tersebut sampai bersih.

Akar Masalah dan Tindakan

Akar Masalah
Tindakan
Waktu proses lambat/antrian Perbaiki setting timeout
Operation not supported Tanya status transaksi ke operator
Reply/respon tidak dikenal Perbaiki setting pattern

Leave a Reply