Cara Membuat Server Pulsa

Server pulsa pada dasarnya adalah teknologi yang melakukan proses transaksi isi ulang ke konsumen secara otomatis. Tanpa teknologi ini, Anda harus melakukan proses transaksi isi ulang ke konsumen secara manual satu-persatu.

Bagi Anda yang ingin membuat server pulsa, silakan pelajari artikel Cara Membuat Server Pulsa berikut:

Pengetahuan

Pengetahuan mengenai bisnis pulsa mutlak diperlukan. Tanpa pengetahuan ini, Anda tidak bisa menjalankan bisnis ini. Pelajari cara kerja sistem pengisian masing-masing operator. Cari tahu partner dealer atau distributor yang bisa membantu menyediakan suplai. Cari tahu pricing yang sesuai dengan situasi di daerah Anda. Bagaimana jika terjadi gangguan? Berapa saja nomor layanan pelanggan tiap operator yang bisa dihubungi?

Suplai/Partner

Suplai yang dimaksud adalah persediaan pulsa dalam bentuk elektronik yang didistribusikan melalui jalur tradisional kedileran. Contoh MKIOS, Dompet Pulsa, Indosat SEV (M-Tronik), Isi Esia, FKIOS, Dompet Smartfren, dan lain-lain. Anda bisa dapatkan melalui Authorized Dealer tiap operator di Cluster masing-masing. Selain itu, Anda juga bisa mengambil suplai dari server lain.

Silakan baca juga artikel kami: Jalur Distribusi Pulsa

Perangkat

Perangkat yang dibutuhkan adalah hardware, software dan jaringan yaitu:

Hardware
  1. Komputer Server
  2. Komputer Client
  3. Modem atau Modempool
  4. Handphone
  5. Kabel data (optional)
Software
  1. Software server pulsa seperti Voucha.
  2. Operating System (Windows, Linux, dll)
  3. Antivirus & Firewall
Jaringan
  1. Switch 10/100 (Fast Ethernet) atau 10/100/1000 (Gigabit)
  2. Router (Mikrotik, Cisco, dll)
  3. Modem ADSL (jika menggunakan Speedy)
  4. Antenna Wireless (jika menggunakan wireless 2.4Ghz atau 5Ghz)

Sumber Daya Manusia

Seluruh komponen sistem tersebut perlu orang untuk mengoperasikan. Walaupun sebagian besar proses (90%) sudah otomatis, masih ada proses-proses lain yang membutuhkan proses manual. Misalnya administrasi, pemeriksaan, verifikasi, troubleshooting dan operasional lainnya.

Pilih orang-orang yang kompeten, yang menguasai permasalahan dan tentu saja punya attitude yang baik supaya bisnis Anda bisa tumbuh. Kirim pegawai Anda untuk ditraining supaya tidak bingung di tengah jalan.

Jika Anda sudah siap untuk menyediakan perangkatnya, silakan lihat System Requirements untuk rinciannya.

Incoming search terms:

One Comment

  1. Andi Lukman

    Ass saya ingin menjadi agen pulsa tapi saya ingin memadukan dengan sistem penjualan mlm (melti level marceting yang di kalaborasikan dengan online sohopping mall, Saya sudah menciptakan sebuah sistem yang unik Megadopsi sistem yang pernah ada. Coma saya butuh tenaga ahli untuk mengplikasikan sistem yang telah saya ciptakan dan peralatan apa saja yang bisa menujang sistem yang saya ciptakan ini supaya bisa berjalan dengan lancar dan terpercaya.

Leave a Reply