Bug Report – Melaporkan Bug ke bagian Developer

Apa itu Bug?

Bug atau software defect adalah sebuah kesalahan, kegagalan pada software yang menyebabkan software tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Pada umumnya bug disebabkan oleh proses pembuatan yang tidak sempurna, yaitu kesalahan dalam pembuatan source code software.

Bug Report

Tidak semua PESAN ERROR adalah BUG!

Walaupun bug pada umumnya menimbulkan munculnya pesan error, namun tidak semua pesan error adalah bug. Baca baik-baik maksud dari pesan error yang ditampilkan. Bisa jadi itu memang SENGAJA ditampilkan supaya Anda dapat melakukan perbaikan atau tindakan tertentu, misalnya perbaiki setting atau periksa kondisi lainnya.

Bug Report

Automatic Bug Report/Automatic Crash Report

Hampir semua aplikasi yang modern seperti Sistem Operasi Windows, Mozilla Firefox, Google Chrome dilengkapi dengan fasilitas Automatic Bug Report. Jika aplikasi tersebut crash, langsung mengirim crash report/dump file ke developer masing-masing.

Voucha sejak versi 3 sudah menggunakan sistem Automatic Bug Report atau Automatic Crash Report. Jika aplikasi Voucha mengalami crash atau mengalami kesalahan yang menyebabkan sistem tidak stabil, maka aplikasi akan mengirim bug report ke server bug report milik PT. Sandiloka. Anda tidak perlu repot-repot mengirim screenshot dan file log, sebab sudah dilakukan secara otomatis.

Cara Melaporkan Bug ke Bagian Developer

Bug Report

Sekitar 95% bug ditemukan dan dilaporkan secara otomatis. Namun masih ada kemungkinan aplikasi kami mengandung bug yang belum ditemukan. Jika Anda menemukannya, Anda bisa melaporkan bug tersebut kepada kami.

Pastikan sebelum melaporkan bug, Anda sudah menggunakan Voucha4 versi terbaru. Sampai hari ini kami sering menerima laporan bug yang muncul di versi lama, padahal bug tersebut sudah diatasi di versi terbaru.

Caranya, Anda tinggal mengirim Tiket ke Bagian Developer di sini:
https://sandiloka.com/members/submitticket.php?step=2&deptid=5

Lengkapi dengan informasi berikut:

  1. Pesan error yang Anda dapatkan (catat dengan lengkap).
  2. Versi yang Anda gunakan.
  3. File screenshot layar ketika terjadi kesalahan.
  4. Log proses transaksi, log database, log topup, dll.

Isi dengan lengkap dan jelas sebab kami tidak bisa menindak-lanjuti laporan yang tidak lengkap dan tidak jelas. Sebaiknya sertakan Screenshot dan Log yang bisa kami pelajari supaya developer bisa menemukan penyebabnya dengan lebih cepat. Makin jelas dan lengkap, makin mudah untuk menemukan penyebabnya dan akan makin cepat dalam membuat patch/updatenya.

Semoga bermanfaat.

 

Incoming search terms:

2 Comments

  1. Pingback: Voucha4 Device 4.10 & Voucha4 Admin telah tersedia - Voucha Care

  2. nurdyn854

    Gimana solusi kirim bug utk di analisa.karna hp gk berfungsi.apa bisa pakai hp lain utk kirim bug utk di analisa

Leave a Reply